Kamar Mandi Seperti Mandi di Alam Terbuka

Foto: iDEA/Richard Salampessy

Mandi di tepi sungai atau di bawah pancuran air pinggir sungai rupanya mengasikkan. Nah, orang perkotaan rupanya ada yang mencoba menerapkannya pada kamar mandi mereka. Ngintip yuk!

Kebiasaan mandi di alam terbuka merupakan tradisi masyarakat pedesaan, antara lain di Bali. Para wanita biasanya mandi di sungai beramai-ramai seraya mencuci pakaian. Tradisi tersebut kemudian banyak diadopsi oleh berbagai resor dan vila, dengan membuat kamar mandi pada setiap kamar yang setengah terbuka. Dalam arti, ruangan dibuat terbuka, namun tetap dibatasi dinding dan dikelilingi tanaman tinggi. Privasi tetap terjaga, namun suasana alam dapat dimasukkan ke dalam ruangan.

Membuat suasana kamar mandi yang benar-benar mirip suasana mandi di pinggir sungai di pedesaan memang agak sulit dilakukan di perkotaan. Salah satu alasannya, orang kota agak malu kalau mandi di alam yang benar-benar terbuka. Sebagai solusi, dibuatlah kamar mandi yang setengah terbuka seperti halnya di vila atau resor tadi. Diharapkan, cara seperti itu dapat menghadirkan suasana alam ke dalam kamar mandi. Caranya antara lain dengan menghadirkan sosok alam dihadirkan hingga mendekat ke area mandi. Dengan demikian, suasana alam itu diharapkan dapat terasa saat penghuninya mandi.

Dalam membuat kamar mandi terbuka seperti ini, perhatikan pemilihan material. Intinya seperti membuat taman dalam rumah, pastikan material yang digunakan tahan air dan mudah dibersihkan. Material seperti batu alam yang diberi coating merupakan pilihan yang sesuai karena batu memang berasal dari alam. Waspadai pula kemungkinan datangnya hujan dengan membuat jarak dari area mandi menuju area terbuka, kira-kira sejauh 60 cm.

Jaga selalu kebersihannya

Seperti halnya kamar mandi umumya, kamar mandi yang terbuka ini perlu selalu dijaga kebersihannya. Boleh jadi, upaya menjaga kebersihannya sedikit lebih berat. Selain perlu menjaga kebersihan area kamar mandinya, tentu perlu dijaga pula kebersihan dan keindahan taman dan tanamannya.Bersihkan pula elemen hardscape yang mungkin ada. Punguti dedaunan yang mungkin rontok. Atau bersihkan lumut pada lantai agar tak mencelakakan. Tentu, taman dan tanaman yang indah dan subur itu lah yang menjadi kelebihan kamar mandi seperti ini. Di sisi lain, taman dan tanaman yang tak terawat bisa membuat kamar mandi terlihat jorok pula.

sumber :  Putri Dwimirnani via http://www.ideaonline.co.id

Pos ini dipublikasikan di Mandi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s